Universitas Terapkan Kuliah Online Demi Cegah Covid-19

Malangchannel.com, – Apakah pihak kampus akan tetap membuka perkuliahan secara langsung/tatap muka? Tentu hal ini sangat mustahil, mengingat virus covid-19 belum kunjung usai jadi semua perlu dipertimbangkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan bahwa pembelajaran di seluruh perguruan tinggi di Indonesia masih wajib dilaksanakan secara daring hingga ada kebijakan lebih lanjut.

- Advertisement -

Di sisi lain, universitas memiliki kemahiran melakukan pembelajaran online daripada pendidikan menengah dan dasar. Nadiem juga menyarankan untuk mata kuliah yang tidak dapat dilakukan secara daring supaya pihak kampus meletakkannya di akhir semester. Namun, ternyata ada mata kuliah prioritas yang mempengaruhi kelulusan mahasiswa loh, dan ini sulit sekali jika dilakukan secara daring, seperti penelitian laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi. Maka dari itu, pihak universitas boleh mengizinkan mahasiswanya untuk ke kampus dengan syarat tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan. Sekali lagi, Nadiem mempertegas perkuliahan teori harus tetap dilaksanakan secara online.

Karena tidak mungkin kan, sobat Machan kalau mahasiswa ramai-ramai masuk kampus, justru ini akan membahayakan keselamatan setiap orang. Kemudian, mayoritas universitas juga memberikan penurunan dan penundaan UKT dalam masa pandemi. Perguruan tinggi telah melaksanakan kebijakan yang didasarkan kepedulian terhadap mahasiswa yang terdampak, tetapi semuanya dilakukan secara selektif. Nah, ternyata banyak sekali ya hikmah dari pandemi ini. Tenang saja, New Normal tidak membatasi kita untuk belajar kok walaupun dilakukan secara online. Dosen-dosen juga sangat kreatif agar pembelajaran mudah dipahami oleh mahasiswanya. Jadi nggak ada halangan lagi deh buat yang namanya malas kuliah online. Tetap semangat ya, sobat Machan yang lagi kuliah! (HAW/ZRH)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments