UM Kukuhkan Guru Besar Baru dari Fakultas Teknik

Malangchannel.com, Malang – Universitas Negeri Malang (UM) mengukuhkan empat guru besar baru dari Fakultas Teknik pada hari Kamis (19/11/2020) pada masa pandemi Covid-19.

Bertempat di Graha Cakrawala UM, pengukuhan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu dari empat profesor tersebut adalah Prof. Dr. Purnomo, S.T.,M.Pd yang dikukuhkan sebagai guru besar Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Purnomo menjadi dosen pertama di UM yang dikukuhkan menjadi profesor di bidang ilmu tersebut.

Pada orasi pengukuhannya, lelaki kelahiran Kediri, 61 tahun lalu itu mengambil tema “Analisis Permintaan dan Persediaan Guru Sekolah Menengah Kejuruan”.

- Advertisement -

Dalam orasinya, ia memaparkan  bahwa guru menempati garda terdepan  dalam kelangsungan pendidikan di SMK, khusus nya guru bidang produktif.

“Mau tidak mau, analisis permintaan dan persediaan guru SMK perlu dilaksanakan,” papar Purnomo saat membuka orasi ilmiahnya.

Menurutnya, diperlukan analisis mendalam sebagai langkah konkrit untuk meminimalisir kesenjangan antara permintaan guru dengan persediaan guru.

Purnomo menambahkan bahwa pencanangan pemerintah perbandingan SMK : SMA = 67 : 33, khususnya guru produktif sangat kurang. Apalagi perkiraan mulai tahun 2024 guru SMK di Kota Malang yang pensiun 80 orang per tahun.

Diperlukan analisis kolaboratif dengan melibatkan sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah sebagai  lembaga pengguna lulusan (demand) dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai lembaga produsen atau penyedia tenaga kependidikan. (supply).

Purnomo berharap melalui orasinya dapat menjadi wacana atau diskusi dalam mengatasi permintaan dan persediaan guru SMK disetiap provinsi bik kuantitas, kualitas, dan pendistribusiannya termasuk program keahlian yang tidak ada di LPTK. (Rfl)

 

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments