Sudah Tahu Koleksi Terbaru Museum Angkut? Simak Nih Ada Helikopter Gajah Yang Mendarat Cantik Disana

Malangchannel.com, Batu – Hey.. Sudah tahu tentang koleksi terbaru di museum angkut belum? Di penghujung tahun 2019 ini, Museum Angkut dengan bangga dapat mendatangkan helikopter Puma SA 330. Sabtu (16/10) helikopter kebanggaan di pamerkan di lantai 2,5 (Runway 27).

Machan memiliki sedikit info mengenai Puma SA 330 ini, jika kalian tahu helikopter ini terbilang langka dan memiliki nilai sejarah tinggi khususnya bagi Indonesia. Helikopter yang memiliki mesin ganda ini dapat dibilang sangat istimewa, sudah beroperasi dalam 3 dekade dan tidak hanya dalam misi tempur, tapi juga digunakan pada operasi militer serta misi kemanusiaan seperti SAR, evakuasi kecelakaan dan bencana alam.

Puma SA 330 sering kali disebut dengan helikopter Gajah karena memiliki berat maksimum hingga 7,4 ton, dengan kecepatan jelajah 248km/jam, kecepatan maksimum 257 km/jam.

Selain ini Puma SA 330 juga dapat menjangkau jelajah hingga 580 km dengan menanjak 7,1 meter per detik. Ketinggian terbang SA 330 sendiri bisa mencapai 4800 meter dari segi bobot muatan yang bisa diangkut hingga sekitar 3 ton WOW… fantastis bukan.

Puma SA 330 pernah digunakan dalam misi tempur, yakni untuk operasi memburu Presiden Fratelib, Labota yang seorang pemimpin kelompok bersenjata penentang kedaulatan NKRI di Timor-Timor.

“Kali ini museum angkut mengangkat wisata tematik dengan tema kepresidenan dengan menghadirkan helikopter gajah disini. Dengan begini pengunjung dapat melihat, menyentuh dan merasakan sesuatu yang tidak bisa atau belum pernah dilakukan sebelumnya,” ungkap Glen Sumendap selaku penanggung jawab runway 27.

“Pastinya negara dan presiden sendiri dapat turut berbangga karena dapat memiliki koleksi ini dan masyarakat dapat secara langsung berinteraksi dengan helikopter kepresidenan yakni Puma SA 330,” imbuhnya.

Sebuah koleksi yang sangat menarik dan kental akan sejarah bukan, tunggu apalagi untuk kalian yang belum sempat tahu segera datang dan nikmati kemegahan helikopter gajah koleksi museum angkut sekarang. (HAW)

Comments