Simak Cara Menjaga Kesehatan Di Usia Tua

Malangchannel.com, Malang-Fungsi organ-organ tubuh manusia akan mengalami puncaknya pada usia 30 tahun. Setelah itu fungsi dari organ-organ tubuh manusia akan berangsur-angsur mengalami penurunan. Kecepatan penurunan itu dipengaruhi oleh genetika, kesehatan dan riwayat medis.

 

Penurunan fungsi organ menyebabkan metabolisme tubuh ikut menurun. Penurunan tersebut tentunya berpengaruh pada kesehatan dan fungsi fisik tubuh. Tubuh akan merasa cepat lelah, menurunnya funsi penglihatan, menurunnya fungsi otak dan masih banyak lagi.

 

Masa tua menjadi rentan terhadap berbagai macam penyakit. Seperti kasus yang saat ini terjadi, orang yang tua lebih rentan terhadap dampak buruk penyakit yang disebabkan virus Corona atau SARS-COV-2. Untuk itu menjaga kesehatan di usia tua menjadi sangat penting.

 

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah untuk menjaga kesehatan diri atau orang tua.

 

1. Berhenti merokok

Merokok telah menjadi kebiasaan sehari – hari sebagian masyarakat. Sesungguhnya merokok merupakan gerbang dari berbagai macam penyakit serius. Pada usia lanjut, resikonya akan lebih meningkat karena fungsi organ tubuh sudah menurun.

 

2. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Menurunnya metabolisme tubuh harus diimbangi dengan menu makanan sehat. Tidak hanya mengurangi makanan berlemak, cara mengolah makanan juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Perbanyak makanan sehat yang banyak mengandung mineral, vitamin dan gizi seimbang lainnya. Hindari makanan yang dapat memicu kolesterol.

 

Tetap perhatikan konsumsi air putih yang masuk ke tubuh. Tetap jaga tubuh agar tidak kekurangan cairan. Minumlah susu pencegah osteoporosis bila perlu untuk menghambat pengroposan tulang.

 

3. Tetap Aktif

Kemampuan dalam beraktivitas yang dilakukan saat usia tua tidak akan sama seperti dulu. Meskipun demikian bukan berarti hanya duduk diam di rumah. Lakukan kegiatan dan olah raga ringan agar tubuh tetap bergerak. Tidak ada salahnya mulai olah raga teratur saat usia muda untuk menjaga fleksibilitas dan kesehatan tubuh.

 

4. Rutin Cek Kesehatan

Rutin memeriksa keadaan tubuh akan sangat membantu untuk menghindari penyakit beresiko. Selain itu dengan rutin mengecek kesahatan dapat mendeteksi secara dini penyakit yang muncul sehingga penanganan akan relatif lebih mudah.

 

5. Hindari Stres

Stres dapat mengganggu kesehatan tubuh terlebih pada usia yang tidak muda. Hal ini dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, hindari stres berlebih dengan berolah raga, meditasi dan tertawa.(DEW)

Comments