PMM UMM 91 Sidodadi, Sosialisasikan Parenting Era Digital Kepada Para Orang Tua

Malangchannel.com, Malang – Pasti sudah tidak asing kan dengan PMM UMM, ini merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Terbagi dari beberapa kelompok dengan masing-masing beranggotakan 1-5 orang. Salah satu kelompoknya sendiri ada PMM 91 gelombang 3 yang beranggotakan 5 mahasiswa yakni Ananda Dea anugrah, Fikrul islam risqi, Nadia hana, Tri retna utami, dan dewi lailiyah serta Ganjar adhy Wirawan, SPi. MP sendiri berlaku sebagai dosen pembimbing lapangan.

Ada beberapa program yang akan dilaksanakan dalam perencanaan program kerja kelompok PMM 91 ini, salah satunya adalah Mensosialisasikan pola asuh orang tua kepada anak pada era digital, yang notabene biasa disebut parenting era digital.

Berangkat dari sebuah kebiasaan generasi saat ini yang hampir semua mengetahui dan bisa menjalankan gadget dengan mudah membuat kehidupan bersosial semakin bias bahkan kepada orang tua dan keluarga sekitarnya sendiri.

Seperti yang diketahui bersama bahwa sistem pendidikan saat ini masih menggunakan sistem daring atau online, hal ini membuat intensitas penggunaan gadget juga semakin tinggi. Selain daripada itu penjagaan orang tua kepada anak juga terbatas sehingga aktifitas yang dilakukan anak dalam gadgetnya tidak diketahui oleh orang tuanya.

- Advertisement -

Dalam sosisalisasi yang dilakukan kepada warga desa Sidodadi ini banyak hal yang disampaikan mulai dari peran orang tua kepada anak, cara membangun kelekatan dengan anak, resiko penggunaaan gadget,durasi penggunaan gadget yang disarankan para ahli, serta cara orang tua mengajarkan sisi positif dari gadget.

Sosialisasi ini diterima dengan baik oleh warga, bahkan banyak juga warga yang mengeluh terhadap kebiasaan anak saat ini yang tidak ada hentinya bermain gadget. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, dengan sasaran para orang tua yang saat ini mempunyai anak kisaran usia SD dan SMP.

Dalam kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat kepada orang tua agar bisa membangun kelekatan dengan anaknya terlebih agar anak bisa menyerap lebih banyak sisi positif dari gadget dan juga mampu menjadi orang tua yang bijak bagi anaknya, tidak hanya memberikan nafkah secara materi tetapi juga memberikan nafkah berupa kasih saying dan perhatian kepada anaknya. (HAW)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments