Persiapan Kuliah Daring Selama Covid-19? Ini Solusi yang Diberikan Universitas Negeri Malang

Malangchannel.com, Malang – Walaupun perguruan tinggi dinyatakan tetap melakukan kuliah dengan cara daring, tampaknya semua universitas belum menunjukkan secara pasti bagaimana sistem perkuliahan. Sejauh ini, kebanyakan universitas masih fokus kepada pendaftaran calon mahasiswa baru. Jika memang rencana kuliah daring benar adanya, tentu harus ada persiapan yang matang dari setiap kampus. Kendala dan hambatan juga harus benar-benar dipertimbangkan oleh pihak universitas.

Seperti halnya Universitas Negeri Malang (UM), salah satu Universitas yang berada di pusat kota Malang ini seakan menunjukkan kepeduliannya kepada mahasiswanya atas pandemi Covid-19 dengan memberikan penurunan sampai pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Dilansir dari postingan pada tanggal 27 Juli dari akun instagram resmi UM, sebanyak 7569 mahasiswa telah mendapatkan pembebasan UKT, 3655 mahasiswa mendapatkan penurunan UKT, dan 235 mahasiswa mendapatkan keringanan untuk mengangsur UKT. Sedangkan 1286 masih dalam proses usulan ke Kemendikbud RI. Dalam 1 bulan sebelumnya, UM memang memberikan pengajuan UKT bagi mahasiswanya. Namun, untuk mendapatkannya perlu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Selain itu, UM juga menyebutkan memberi bantuan paket data selama 4 bulan sebanyak 10 GB per bulan yang mana mahasiswa harus mendaftarkan nomor handphonenya masing-masing terlebih dahulu.

Masih belum diketahui lebih jelas apakah kuota internet yang disebutkan adalah kuota dalam 4 bulan terakhir atau untuk rencana 4 bulan ke depan juga. Yang pasti, jika kuliah daring benar-benar akan terlaksana, kuota internet seharusnya akan tetap berlanjut. Dalam caption akun @universitasnegerimalang, UM mengatakan bahwa akan terus berupaya untuk memberikan solusi dan meringankan beban mahasiswanya sehingga bisa terus semangat dalam menunjang pendidikan. Jika mengamati komentar pada postingan tersebut, hal tersebut tampaknya belum memenuhi ekspektasi para mahasiswanya. Namun, ini merupakan sebuah langkah awal yang cukup tepat bagi sebuah universitas dan bisa memicu universitas lainnya menimbang hal yang sama kepada para mahasiswanya. (HAW/IND)

Source :

https://www.instagram.com/p/CDIzWpvnTDS/

Comments