Perlu Kewaspadaan Dini Untuk Penanggulangan Bencana

Malangchannel.com, Malang – Senin (25/11) bertempat di lantai 7 gedung Pascasarjana UNISMA diadakan seminar geologi mengenai kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa dan tsunami. Seminar diadakan dengan mengusung tema “Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana dan Tsunami Melalui Edukasi dan Penyadartahuan.”

Prof. Ron A. Harris dari Brigham Young University, Annie Wong selaku Direktur Public Affairs Wilayah Asia, Ir. Bernadus Wisnu Widjaya, M, Se dari BNPB Kab. Malang, Dr. Daryono, S.Si, M. Se dari BMKG, Dr. N Rahma Hanifa dari U-Inspire, Drs, Setyo Hudoyo, M. Si selaku Sekretaris Bakorwil Malang turut hadir mengisi seminar hari ini.

Annie Wong selaku Direktur Public Affairs Wilayah Asia juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada UNISMA khususnya karena bisa saling melibatkan diri dalam pencegahan bencana.

“Perlu kita tahu jika biaya untuk menyelesaikan bencana sangatlah besar, sudah saatnya kita dapat mempersiapkan diri untuk dapat menanggulanginya. Dengan begitu dapat mencegah dan mengurangi korban bencana, selain itu juga dapat menekan kerugian dari banyak sisi. Saya bersyukur dapat terlibat dalam kegiatan ini,” singkatnya dalam sambutan.

“Indonesia berada digaris khatulistiwa yang rawan akan bencana, disini kami ingin mengajarkan para mahasiswa untuk dapat mengantisipasi maupun menanggulangi pada saat maupun akan terjadi bencana yang ada disekitarnya,” ungkap Prof. Dr. H. Masykuri M.Si selaku Rektor UNISMA.

“Momentum yang sangat baik untuk saling terlibat dalam rangka penyuluhan dan mewaspadai bencana yang ada. Baik dari sisi ekonomi, psikologis, lingkungan dan berbagai aspek kehidupan manusia itu semua membutuhkan kesiapsiagaan dari diri kita masing-masing,” ungkapnya. (HAW)

Comments