‘Nasi’ Makanan Pokok Orang Indonesia yang Menyimpan Sejuta Fakta

MalangChannel.com – Masyarakat Indonesia tidak pernah terlepas dari Nasi. Ya nasi merupakan karbohidrat yang baik untuk pencernaan kita.

Terlepas dari Nasi, terkadang kita hanya makan roti atau gandum, tetapi belum terasa kenyang? Apa yang menjadikan perut kita tidak kenyang jika tidak makan nasi?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim Boston Children’s Hospital dari USA, nasi membuat kita merasa kecanduan jika mengonsumsinya. Nyatanya, makanan yang mengandung indeks glikemik seperti yang cukup tinggi seperti nasi, dapat membuat kita merasa lapar dengan cepat.  Jika kita mengonsumsi karbohidrat yang mengandung gula, maka dapat menimbulkan rasa adiktif atau rasa ketahihan saat tubuh menerimanya.

Ketika kita sedang lapar, biasanya cenderung untuk emosi karena disebabkan oleh zat kimia pada otak yang dapat mempengaruhi suasana hati. Tetapi juka kita mengonsumsi nasi dengan takaran yang cukup, dapat mengubah suasana hati menjadi baik.

Eitsss!! Tapi ingat ya, mengonsumsi nasi secara berlebihan juga tidak baik loh!

Susah buang air besar merupakan akibat mengonsumsi nasi secara berlebihan, karena di dalam tubuh kita menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu nasi juga tidak mengandung serat yang dapat membantu pencernaan.

Terlalu banyak mengonsumsi nasi juga membuat ngantuk karena proses pencernaan kita melibatkan aliran darah ke otak dan berkurangnya oksigen menuju otak.

Tak hanya itu saja, munculnya penyakit diabetes melitus juga disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi nasi.

Jadi, mulai sekarang nawak machan harus banget nih menjaga kesahatan, karena kesahatan lebih mahal harganya dibandingkan emas. (AVC)

Comments