Nafsu Makan Menurun? Yuk Coba Beberapa Tips Ini

Malangchannel.com, – Lagi-lagi bahas soal makanan, eitss.. tetapi ini berbeda sobat Machan. Dimasa pandemi seperti ini terkadang bisa membuat pola makan seseorang menjadi berubah, #dirumahaja membuat “makan” menjadi salah satu kegiatan yang sangat wajar dilakukan. Sudah makan terus ingin jajan lagi, wah benar-benar perut karet ya.

Namun, ada juga loh yang pola dan nafsu makannya malah menurun. Kenapa ya bisa begitu? Nah, disini bukan ingin mencari penyebabnya tetapi memberi tips bagaimana selera makan itu makin meningkat. Langsung sajalah yuk sobat Machan baca tips ampuh ini!

Rutinkan Olahraga
Sebagian besar orang menganggap olahraga sebagai tantangan berat untuk dikerjakan. Rasa malas yang berlebihan selalu dibiasakan sehingga olahraga tak pernah dilakukan. Namun, sebenarnya manfaat olahraga banyak sekali lo! Salah satunya mampu menyebabkan selera makan meningkat. Kok bisa ya, praktiknya sesudah kita makan dan tidak lupa rutin olahraga ringan. Akibat dari olahraga dapat memicu kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar. Nah, setelah olahraga pastinya tubuh butuh energi dan terasa lapar. Yap, olahraga nggak hanya baik untuk seluruh tubuh tetapi juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Penuhi Kebutuhan Cairan
Siapa dari sobat Machan yang malas minum air putih? Jangan dibiasakan ya karena nggak baik. Setelah ditelusuri dari beberapa penelitian, minum air putih efeknya luar biasa bagi kesehatan kita. Contohnya, membuat ginjal kita semakin sehat, kebutuhan hidrasi terpenuhi, dan meningkatkan selera makan. Bagaimana hubungannya kok minum air putih dapat membuat nafsu makan meningkat? Caranya, minumlah air putih satu jam sebelum dan sesudah kita makan. Ingat, sebaiknya jangan minum air putih terlalu banyak sebelum makan karena akan mengakibatkan kita kenyang yang sifatnya sementara dan nggak ingin makan lagi. Nggak hanya dengan air putih, ternyata madu juga dapat meningkatkan nafsu makan. Kandungan didalamnya, madu dapat menjadi sumber energi karena mengandung banyak karbohidrat. Madu juga memiliki flavonoid dan polifenol yang bisa berguna sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin B didalam madu dapat meningkatkan nafsu makan meningkat. Yang pasti madu bisa dikonsumsi oleh semua usia dan ditemukan dengan mudah.

Makanan Kesukaan
Tidak ada alasan untuk melewatkan waktu makan jika kita memenuhinya dengan makanan kesukaan. Stoklah makanan kesukaanmu di rumah supaya nggak bingung-bingung kalau sedang lapar, jadi langsung deh bisa dimakan. Misal ingin makan ayam goreng, coba di hari sebelumnya sudah menyiapkannya di kulkas dan tinggal menggoreng saja. Atau kalau nggak mau ribet, sekarang ingin bakso atau bubur ayam langsung saja bisa pesan via online. Karena sekarang sudah banyak aplikasi yang mudah untuk memesan apapun. Jadi, kita hanya perlu diam di rumah nggak perlu susah-susah keluar mencarinya. Mudah bukan, sobat Machan?

Itu dia cara ampuh meningkatkan nafsu makan, yuk langsung saja dicoba! Semoga bermanfaat ya. (HAW/ZRH)

Comments