Mengulik Sejarah Kerajaan di Candi Singosari

MalangChannel.com, Malang – Malang memang gudangnya tempat wisata, salah satu wisata bersejarah di kota ini yaitu Candi Singosari. Candi peninggalan agama Hindu – Buddha ini berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut pakar purbakala, candi ini didirian pada 1300 Masehi sebagai wujud persembahan untuk menghormati Raja Kertanegara dari Singasari. Candi yang berdiri di atas batur kaki setinggi 1,5 meter ini tanpa dihiasi relief pada kaki candi.

Pintu candi yang terlihat sederhana ini menghadap ke arah selatan yang di atas ambangnya terdapat pahatan Kepala Kala. Dugaan bahwa Candi Singasari belum terselesaikan pembangunannya dikarenakan adanya relief yang masih sangat sederhana. Jika kita kembali ke masa lalu, adanya candi ini dikarenakan sejarah daripada kerajaan Singasari.

http://kembangwisata.com/

Pada tahun 1930-an Candi ini pernah dipugar oleh Belanda yang terlihat dari pahatan kaki candi. Namun, hasil pemugaran ini belum menyeluruhb karena di sekeliling halaman candi masih terjajar tumpukan batu yang belum dikembalikan ke tempat semula. Di dalam Candi Singosari terdapat tempat untuk menempatkan sebuah arca Lingga dan Yoni. Sedangkan pada tiap sisinya terdapat arca Ganesha di sebelah timur, arca Resi Agastya di sisi selatan, dan arca Durga di sisi sebelah utara. Kurangnya perawatan Candi ini membuat beberapa arca mengalami kerusakan. Pada Candi Singosari Badan Candi melambangkan alam Sakala-Niskala yaitu alam antara, Alam ini dikuassai Dewa Siwa sebagai Sadasiwa dengan keempat aspeknya. Sadasiwa sendiri berada pada setiap penjuru mata angin, Siwa di barat, Wisnu di utara, Brahma di selatan dan Mahesa di timur.

Pada mulanya, Belanda menamai candi ini bernama Candi Menara karena bentuknya yang menyerupai menara. Dari segi arsitektur, candi Singosari memiliki keunikan yang seolah-olah memiliki dua tingkat bangunan. Hal yang menarik lainnya bisa dilihat dari hiasan luar candi yang seharusnya rata, tapi tidak demikian pada candi Singosari.

Candi Singosari terletak tidak jauh dari Pasar Singosari. Hanya berjarak 12 km saja dari Kota Malang , Nawak Machan bisa berkunjung mengendari kendaraan umum maupun pribadi. Lokasi yang sangat strategis membuat para pengunjung tidak merasa kesulitan jika ingin pergi berwisata ke candi ini. (AVC)

You might also like More from author

Comments