Mengenal Embong Arab dan Kampung Arab di Malang

malangchannel.com , Malang-Embong Arab pasti banyak dikenal warga Malang. Embong Arab merupakan nama lama dari jalan Syarif Alqodri dan bagian dari kampung Arab. Daerah ini dikenal sebagai pemukiman yang banyak dihuni penduduk berketurunan Arab. Namun, bukan berarti tidak ada warga yang berasal dari suku lain di kawasan ini.

Banyak hal yang bisa ditemui di embong Arab dan kampung Arab. Mulai dari wisata kuliner, perlengkapan ibadah, kurma hingga keperluan rumah tangga seperti meubel. Selain itu keperluan oleh-oleh Haji juga ada.

Salah satu ikon dalam kawasan ini yaitu Rumah Makan Cairo. Rumah makan ini menyediakan masakan khas Timur Tengah. Menu menu yang ada seperti sate kambing, gule kambing, nasi goreng dan tentunya nasi kebuli/nasi briani sebagai menu khasnya. Selain makanan berat di rumah makan Cairo juga menyediakan kue dan jajanan seperti roti maryam, samosa Cairo, pastel kacang, risoles, kue Mesir ka’aq, susu kambing etawa dan martabak Mesir. Rumah makan Cairo buka dari jam 08.00 – 22.00.

Selain makanan khas Timur Tengah sobat Machan juga bisa membeli kurma. Berbagai jenis kurma yang dijual sepanjang jalan. Daerah ini selalu ramai apalagi ketika bulan Ramadhan tiba. Banyak orang dari berbagai penjuru Malang yang datang ke kawasan ini untuk membeli kurma.

Di berbagai sudut kawasan kampung Arab terdapat penjual kue basah. Kue yang dijual di daerah ini berbeda dengan tempat lainnya. Selain rasa yang enak, kue basah yang dijual berukuran besar dari kue basah di tempat lain.

Berbagai macam oleh – oleh Haji juga dapat ditemukan di sini. Mulai dari sajadah, mukena, tasbih dan parfum. Salah satu toko yang paling banyak dikunjungi yaitu toko kain Citra. Toko kain Citra sangat terkenal karena murah dan lengkap. Berbagai jenis kain dari yang murah dan mahal ada di sini.

Di kawasan Arab juga terdapat MI Attariq. Tidak seperti sekolah kebanyakan, di sekolahan ini memiliki kurikulum yang meliburkan siswa di hari Jum’at. Tidak jarang di kampung arab juga mengadakan Majlis Ta’lim untuk umum yang membahas kitab-kitab secara gratis.(DEW)

Comments