Mengajarkan Pembuatan Masker Tie Dye untuk Mengasah Kreatifitas Anak ditengah Pandemik

Malangchannel.com, Malang – Baru-baru ini kreatifitas teknik mewarnai kain dengan cara diikat sebelum pewarnaan kembali ramai dikalangan para penyuka seni, teknik ini sendiri biasa dinamakan “tie dye”. Menyikapi hal ini, melalui Program Pengabdian Masyarakat – Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 91 Gelombang 9, yang beranggotakan Naufal Fikhri Khairi, Amaliya Mulyanor, Rahmi Husnu Aziza, Anka Mohamad Dinindra, dan Muhamad Rizaldy, memiliki ide dalam salah satu program kerjanya yakni, mengajarkan anak-anak di Desa Tegalgondo cara membuat masker kain tie dye.

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 16 September 2020. Tepatnya di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

- Advertisement -

Program tersebut mengajarkan cara membuat masker tie dye, tidak lain untuk mengajarkan anak-anak yang ada di Desa Tegalgondo agar tidak hanya menjaga kesehatan, namun juga dapat mengembangkan kreatifitas anak di masa pandemi yang sedang berlangsung.

Kegiatan ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa anak desa ke Taman Baca dan Bermain Kali Paron Desa Tegalgondo dengan membagikan masker kain di awal, kemudian berlanjut dengan mendengarkan penjelasan dan praktek langsung cara membuat masker kain dengan teknik tie dye. Kemudian anak-anak mencobanya sendiri dengan bergantian. Kegiatan ini tentunya dilakukan dengan menaati protokol kesehatan, sehingga berlangsung kondusif dan tertib.

Anak-anak terlihat sangat antusias dan senang dalam mempelajari teknik pembuatan masker tie dye, bahkan diantaranya dapat membuat motif yang cantik. (HAW/AM)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments