Mau Uang Tambahan Kuliah, Coba Deh Beberapa Hal Ini

Malangchannel.com, Malang – Untuk memenuhi kebutuhan sebagai mahasiswa, kadang uang kiriman dari orang tua tidaklah cukup. Masih banyak kebutuhan mendesak untuk perkuliahan atau sekedar untuk jajan dan jalan-jalan. Daripada menyusahkan orang tua, sekarang saatnya Anda menambah penghasilan sendiri, berikut beberapa cara menghasilkan uang ala mahasiswa.

Menjadi Karyawan

Pekerjaan paruh waktu yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah uang saku adalah menjadi karyawan. Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang tidak memerlukan banyak keterampilan atau pengalaman. Anda hanya perlu mengabdikan diri untuk bekerja beberapa jam dalam seminggu. Anda bisa mencoba dengan bekerja menjadi penjaga toko atau waiter di kafe maupun rumah makan.

Menjadi Asisten Dosen

Jika Anda punya kemampuan akademik yang mumpuni, tidak ada salahnya jika Anda mendaftarkan diri untuk menjadi asisten dosen. Selain menambah pengalaman dalam hal mengajar dan berhadapan dengan banyak orang, Anda juga dapat menambah penghasilan dari hasil kerja keras Anda sendiri.

Menjadi Guru Les

Kalau Anda percaya diri dengan ilmu yang sudah Anda miliki, tidak ada salahnya untuk menjadi guru les privat untuk anak-anak sekolah. Anda bisa menjadi guru les secara mandiri atau bisa juga dengan mendaftar di lembaga-lembaga pendidikan nonformal yang menyediakan lowongan kerja sebagai pengajar les privat.

Mengikuti Beasiswa

Banyak sekali lembaga-lembaga yang menyediakan beasiswa. Ada beasiswa dari universitas, dari pemerintah atau dari yayasan dan lembaga swasta. Sering-seringlah mencari informasi mengenai beasiswa. Baca syarat dan ketentuan sebelum mulai mendaftar. Selain meringankan beban finansial, beasiswa juga akan memberi nilai tambah di CV Anda. (HAW)

Comments