Mau Tahu Tips Bertahan Hidup di Dunia Pekuliahan Untuk Kalian Para Mahasiswa Baru?

Malangchannel.com – Selamat datang kalian para mahasiswa baru, keluar dari masa-masa SMA tentunya menjadi salah satu pengalaman baru yang menegangkan. Belum tahu banyak tentang dunia perkuliahan membuat kalian bingung kan untuk melakukan hal baru. Berbeda pada saat jaman sekolah, menjadi mahasiswa bisa dibilang menjadi salah satu fase pendewasaan. Kalian harus bisa mengatur waktu dan tugas sebagai tanggung jawab kalian selama kuliah. Tidak seperti dibangku sekolah, kalian harus bisa lebih mandiri mengatur semua kebutuhan perkulihan seperti SKS, pembagian kelas, dosen, tugas praktek dan masih banyak lagi.

Kalian harus punya modal utama untuk menjalani masa-masa sulit diperkuliahan, yakni “NIAT”. Banyak kan kalian lihat kakak tingkat yang sudah berusia jauh diatas kalian itu salah satu bukti jika kuliah butuh perjuangan. Berjuang menjadi diri sendiri tentunya salah satu yang sangat mendasar, jangan sampai kita salah berteman hingga prioritas kuliah menjadi bergeser dinomor terbelakang.

Banyak kan dari kalian yang bukan asal dari kota Malang, kota yang notabene sering disebut kota pendidikan ini dapat kita temui beragam suku, ras, agama dan latar belakang yang berbeda. Yah.. awal-awal kuliah biasanya masih rajin masuk kelas, mengerjakan tugas, dan tentunya betah dikampus. Tapi selanjutnya sebagian dari kalian akan merasa bosan bahkan hanya untuk sekedar absen dikelas.

Eitss… jangan bingung kita punya beberapa tips buat kalian bisa nyaman dan aman didunia perkuliahan, simak tipsnya :

1. Memilih Teman Yang Benar

Waktu pertama kali kalian masuk kampus pastinya ikut OSPEK kan, disana kalian akan menemukan teman seangkatan yang senasib dan sepenanggungan selama masa OSPEK. Di kerjain senior, mendapat tugas yang kadang tidak masuk akal hingga mengetahui hal-hal baru yang belum pernah kalian ketahui. Tipsnya, kalian harus hati-hati memilih teman baru. Setidaknya jaga sikap kalian kepada orang yang baru dikenal dan pilihlah teman yang bisa membawa hal positif selama kalian akan kuliah.

2. Jangan Mudah Terpengaruh

Menjadi pintar dalam pergaulan, banyak teman boleh asal harus tahu batas. Jangan pernah terpengaruh hal-hal negatif disekitar kalian, ingat saja keluarga dikampung halaman yang kerja keras demi bisa bayar kuliah kalian.

3. Jangan Boros

Kalian harus bisa mengatur keuangan lho ya, ingat jangan sampai boros diawal bulan. Karena terlalu sering makan mie instan diakhir bulan itu tidak sehat. Buat rancangan pengeluaran selama sebulan, dengan begitu kalian tidak akan sampai kebobolan diakhir bulan.

4. Jangan Bergantung Dengan Orang lain

Kalian harus punya prinsip yang tegas, jangan pernah mengandalkan orang lain yang belum tentu sesuai harapan. Kerja kelompok misalnya, tidak selamanya kalian akan mendapatkan teman kelompok yang disiplin waktu dan pekerjaan. Jadi jangan sampai dapat nilai jelek dari dosen hanya karena alasan teman tidak kompak, kurang lebih kalian harus pintar berinisiatif.

5. Mandiri

Sudah bukan anak sekolahan yang segala hal sudah ada didepan mata kan, kalian harus lebih mandiri karena tidak semua kebutuhan yang kalian harapkan itu akan selalu ada. Setidaknya jangan pernah perhenti usaha dan selalu upayakan semua hal yang kalian bisa. (HAW)

 

 

Comments