Makna Dibalik Nomnoman, Karya Yang Tidak Hanya Sekedar Kursi di Midfest 2019

Nomnoman, Karya Desain Interior yang Dipamerkan di Midfest 2019

malangchannel.com – Malang(17/12/19), Midfest 2019 menjadi ajang Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang memamerkan kaya mereka. Acara yang mengusung tema “Mass Movement” diikuti oleh mahasiswa Desain Interior, Desain Komunikasi Grafis, Animasi dan Desain Komunikasi Visual. Ada dua subtema yang diusung yaitu revolusi media dan identitas lokal.

Pameran Midfest ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 16 – 17 Desember 2019 di Gedung Kebudayaan Universitas Brawijaya. tidak hanya menyuguhkan berbagai karya, dalam pameran ini juga ada workshop lettering oleh Alfonsus Abimatha dan isometry oleh Annisa. Selain itu, ada pertunjukan musik oleh berbagai band yaitu Menahem Thrash, Sirius, Black Reagen, No! Thanks, Wolf Street, Sekata serta penampilan special dari Vacancies, Beeswax dan My Private Jessica.

Berbagai karya terbaik mahasiswa semester ganjil di pamerkan. Ada lebih dari 130 karya yang ditampilkan dalam Midfest kali ini. Karya terbagi menjadi desain kemasan, furniture, patung dan karya-karya 2 dimensi. Dari pameran gabungan ini, nantinya akan ada pameran tunggal setiap jurusan di semester genap.

Pada pameran kali ini desain interior menampilkan berbagi desain kursi yang unik. Tidak hanya memiliki desain yang unik, kursi – kursi yang dipamerkan juga memiliki makna yang mendalam. Salah satunya yaitu kursi milik Yoga, mahasiswa Desain Interior. Kursi yang dibuatnya diberi nama Nomnoman.

Menurut penuturan Yoga ketika kami temui, Nomnoman berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti pemuda. Filosofi ini juga diperlihatkan dari bentuk kursi yang memiliki lengkungan dan desain kayu yang lurus. Lengkungan memiliki makna bahwa pemuda yang belum memiliki prinsip yang kuat karena belum berada pada tahap dewasa, sedangkan bagian yang lurus bermakna tegas.

Melalui kursi ini, Yoga ingin menyampaikan bahwa pemuda dalam prosesnya menuju dewasa harus belajar untuk memiliki prinsip hidup yang kuat dan tegas. (DEW)

Comments