Madu, Berkah Alam Yang Penuh Manfaat

Malangchannel.com, Madu adalah cairan yang dihasilkan lebah dan banyak mengadung zat gula. Madu memiliki berbagai macam khasiat terutama dibidang kesehatan dan kecantikan. Khasiat madu telah terbukti sejak zaman dulu dan telah dibuktikan secara ilmiah.

Rasa manis madu lebih unik karena mengandung monosakarida fruktosa sebesar 38,5% dan glukosa 31%. Selain itu madu mengadung nutrisi lain seperti karbohidrat, asam amino, vitamin, mineral dan kaya akan antioksidan. Namun, pada umumnya komposisi madu berbeda – beda bergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah menghasilkan nektar. Selain itu madu yang telah diolah juga memiliki kkandungan yang berbeda dengan madu alami.

Kalori gula dalam madu dapat menyerap lemak dengan baik sehingga dapat memberikan energi yang lebih banyak dalam tubuh. Madu memiliki tingkat manis yang jauh lebih baik daripada pemanis buatan. Masih banyak manfaat madu untukkesahatan lainnya. Penasaran apa saja manfaat madu yang baik bagi kesehatan, yuk simak artikel ini sampai selesai ya.

1. Meningkatkan Metabolisme dan Mengurangi bakteri Jahat dalam Tubuh
Kandungan prebiotik dalam madu mampu meningkatkan bakteri baik seperti Bifidobakteria dan Lactobacilli yang dapat meningkatkan kesehatan pecernaan manusia. Madu sendiri memiliki efek memperlambat pengsosongan lambung. Menurut beberapa penelitian, madu memeiliki khasiat dalam membasmi bakteri jahat seperti E. Coli, salmonella, methicillin-resistant, staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

2. Mencegah Kanker dan Menyehatkan Jantung
Antioksidan dalam madu juga memiliki fungsi menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh seperti kanker. Konsumsi secara rutin dapat mencegah dan mengurangi resiko terkena kanker. Madu juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menigkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta meningkatkan Nitrit Oksida (NO). NO merupakan gas yang berperan untuk peredaran darah sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung .

3. Meningkatkan Stamina dan daya Ingat
Madu dapat mencukupi kebutuhan nutria dalam tubuh. Nutrisi yang tercukupi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga stamina dalam tubuh juga ikut meningkat. Satu sendok the madu murni mengandung 17g karbohidrat dengan kadar indeks glikemik yang lebih rendah dari gula, sehingga mengkonsumsi madu saat berolahraga akan meingkatkan stamina dan energi. Madu juga bekhasiat untuk menigkatkan daya ingat.

4. Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Luka
Madu juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Kandungan hydrogen peroksida membuat madu memiliki efek antibakteri dan antiseptik. Madu memiliki pH yang cenderung asam yakni antara 3,2 – 4,5 dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Madu juga mampu memperbaiki kulit menyamarkan bekas luka.

5. Manfaat Madu Untuk Kecantikan
Selain untuk kesehatan, madu juga memiliki manfaat dalam kecantikan. Antioksidan dalam madu berperan penting untuk kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini. Selain itu madu dapat digunakan sebagai masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati, menhilangkan komedo, menyamarkan noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, membasmi jerawat dan menyamarkan kerutan wajah. Madu juga bisa dibuat scrub bibir dengan mencampurkan gula supaya bibir lebih lembab, cerah, tidak pecah – pecah dan madu juga bisa untuk menghitamkan rambut dan membasmi kutu rambut.

Banyak sekali khasiat madu ya sobat Machan. selain mengkonsumsi secara langsung, sobat Machan bisa mencampur dengan air hangat dan berbagai makanan atau minuman lainnya.(DEW)

Comments