Lu Baca Anywhere, bawa perpustakaan ke jalanan

malangchannel.com, Malang – Komunitas Lu Baca Anywhere merupakan komunitas baru di daerah Kabupaten Malang yang bergerak di bidang literasi. Komunitas ini menyediakan sarana membaca gratis untuk masyarakat umum setiap hari Minggu pukul 15.30 – selesai WIB. Terhitung sudah 2 kali komunitas ini menyelenggarakan baca gratis. Agenda pertama tanggal 29 September 2019 kemarin dan tanggal 6 Oktober 2019.

Komunitas ini berawal dari keresahan para pemuda tentang pentingnya literasi di wilayah Kabupaten Malang, khususnya daerah Karangkates. Sementara ini, perpustakaan umum hanya ada di Malang Kota. Selain keresahan tentang pentingnya literasi, teman – teman dari komunitas Lu Baca Anywhere juga ingin menyalurkan buku – buku yang selama ini dikonsumsi secara pribadi dan tidak terbaca lagi agar dapat di baca oleh lebih banyak orang.

“kebetulan kami dari beberapa orang yang memiliki koleksi buku dan kalau kita sudah membaca lalu buku ini mau diapakan. Akhirnya kita mengumpulkan buku dari beberapa teman untuk membuka perpustakaan jalanan dengan memanfaatkan ruang baca terbuka. Dengan begitu, masyarakat luas juga bisa membaca secara gratis.” Jelas Mas Wahyu sebagai founder dari komunitas Lu Baca Anywhere.

Komunitas yang baru berjalan selama tiga minggu ini lebih memanfaatkan ruang terbuka sebagai sarana “melapak”. kegiatan pertama dan kedua digelar di taman dekat bendungan Lahor, tepatnya  di bawah arca masuk kawasan Kabupaten Blitar. Lokasi ini dinilai cukup strategis karena banyak orang yang berlalu lalang.

Komunitas ini juga mengaku terinspirasi dari berbagai komunitas yang bergerak dibidang literasi yang membawa perpustakaan ke jalanan atau mendobrak gaya baca yang konservatif dan monoton. Dengan membaca di ruang terbuka dan ditemani banyak orang, kegiatan membaca tidak lagi menjadi suatu hal yang menjemukan. Interaksi sosial juga semakin terjalin karena dari yang tidak saling kenal akhirnya bisa saling mengenal. Perpustakaan yang digagas komunitas Lu Baca Everywhere ini hadir sebagai perpustakaan alternated di Kabupaten Maleng.

Koleksi buku dari komunitas Lu Baca Anywhere didapatkan dari milik pribadi anggotanya dan komunitas Lu baca Anywhere juga menerima donasi dari masyarakat umum. Untuk masyarakat umum yang ingin berdonasi bisa melalui akun Instagram @lubaca.anywhere. Jenis buku yang ada di komunitas ini juga beranekaragam dari bacaan anak – anak, resep, buku motivasi dan buku sejarah umum. Pengunjung yang datang juga dari berbagai kalangan, ada bapak – bapak, ibu – ibu, remaja dan anak – anak.

Harapan kedepannya, masyarakat dapat lebih peduli terhadap literasi. Masyrakat dapat berkontribusi secara aktif untuk keberlangsungan kegiatan ini. Selama ini, informasi yang didapatkan tentang lapak baca gratis masig dari mulut ke mulut dan jangkauannya masih belum luas. Masih banyak kendala lain yang dihadapi, seperti lampu penerangan yang kurang memadai sehingga perpustakaan ini tidak bisa beroperasi sampai malam. Lokasi yang jauh dari pemukiman juga merupakan kendala karena tidak semua anak bisa mengkases perpustakaan gratis ini.

Comments