Kenali Hantavirus, Virus Yang Membunuh Warga China

Malangchannel.com, Malang-(25/03)Belum selesai virus Corona yang masuk ke Indonesia, masyarakat sudah dikagetkan dengan adanya virus lain yang membunuh manusia. Dialansir dari berita Kompas edisi 25 Maret, seorang pria dari distrik Ningshan, Provinsi Shaanxi tewas di bus yang ditumpangi karena hantavirus. Seluruh penumpang bus termasuk sopir akan menjalani pemeriksaan. Berita selengkapnya bisa klik di sini

Berdasarkan jurnal ilmiah dari Balai Besar Penelitian Veteriner, Infeksi Hantavirus merupakan salah satu zoonosis yang ditularkan oleh hewan rodensia (hewan pengerat/tikus) ke manusia yang mengakibatkan gangguan bagi kesehatan masyarakat. Gangguan kesehatan pada manusia dapat berupa kelainan ginjal dan paru – paru, dimulai dengan demam, bintik merah pada muka, sakit kepala, oliguria (sedikit buang air kecil) lalu diuretik (sering buang air kecil).

Hantavirus dapat menyebabkan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) dan Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome (HFRS). HPS lebih berbahaya daripada HFRS, karena mengakibatkan tidak berfungsinya otot miokardium sehingga memicu serangan jantung dan terjadinya hypoperfusion (kurangnya asupan nutrisi pada jaringan dan organ tubuh).

- Advertisement -

Menurut CDC (Center of Disease Control and Prevention) gejala awal dari virus ini yaitu kelelahan, demam, dan nyeri otot pada ​​paha, pinggul, punggung, dan bahu. Ditambah sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare dan sakit perut. Bahkan pada masa inkubasi lebih lanjut, virus ini dapat menyebabkan batuk dan sesak napas. HPS bisa berakibaf fatal pada manusia karena tingkat kematiannya mencapai 38%.

Penularan Hantavirus bisa melalui kontak langusng dengan tikus yang terinfeksi Hantavirus atau melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan ekskresinya seperti air liur, kotoran dan urin. Penularan juga dapat terjadi melalui udara dari debu atau benda – benda yang terkontaminasi oleh ekskresi tikus.

Menurut jurnal ilmiah dari Balai Besar Penelitian Veteriner, penularan dari manusia ke manusia belum pernah dilaporkan. Hal yang sama juga disebutkan melalui situs resmi CDC terkait Hantavirus yaitu Hantavirus tidak dapat ditularkan dari manusia ke manusia lainnya. Meskipun begitu, sobat Machan harus terus berhati – hati dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.(DEW)

 

Sumber : https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/hanta-indrawati_sendow.pdf&ved=2ahUKEwiGubvEqbToAhUPOisKHUJ-BOMQFjAbegQICxAB&usg=AOvVaw2_ea0LUcjIEhc2fMaVr1fO, https://www.cdc.gov/hantavirus/hps/index.html&ved=2ahUKEwiGubvEqbToAhUPOisKHUJ-BOMQFjAYegQIAhAB&usg=AOvVaw0p7EiIKObHimKTpJyo7eJp

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments