Kartu Provider Mati, Simak Bahayanya

Sumber: google.com/howtogeek

malangchannel.com ,Tidak pernah mengisi pulsa operator bisa mempengaruhi masa aktif kartu provider loh, sobat Machan. Tentunya tidak akan nyaman jika tiba – tiba kartu kita tidak bisa digunakan secara normal. Semua kegiatan komunikasi kita akan terganggu.

Kartu yang sudah tidak aktif biasanya tidak akan muncul di layar hp. Selain itu kita juga tidak bisa menikmati produk dari kartu provider tersebut. Seeprti mengirim sms atau telpon dan menggunakan internet. Orang lain juga tidak bisa menghubungi kita.

Biasanya operator akan memberikan informasi tentang masa aktif kartu provider. Namun, bagaimana jika kita lupa dan mengabaikan pesan tersebut. Resiko yang harus dihadapi jika kartu kita mati yaitu SIM CARD tidak terdeteksi pada gadget. Karena hal tersebut pastinya kita tidak akan bisa mengirim dan menerima pesan, melakukan panggilan, serta sinyal hilang.

Jika kartu provider telah memasuki fase seperti tanda – tanda di atas. Maka sudah sepatutnya kita waspada. Setiap provider memiliki jangka waktu tersendiri sebelum menonaktifkan kartu secara permanen. Ada baiknya jika segera mengurus kartu yang mati agar aktif kembali. Terlebih lagi jika nomor tersebut adalah nomor penting, harus segera diaktifkan.

Jika nomor berada di masa tenggang kita cukup membeli pulsa maka otomatis akan memperpanjang masa aktif kartu. Semakin tinggi nilai nominal pulsa, semakin panjang pula masa aktif yang didapatkan. Namun, jika kartu telah melewati masa tenggang maka kita harus mengurusnya di kantor operator terdekat.

Biasanya pelanggan tidak dipungut biaya, hanya mengisi pulsa sejumlah yang ditentukan oleh masing – masing provider. Untuk kartu XL cukup membeli pulsa Rp. 10.000 dan membawa materai 6000 di XL Center terdekat. Dan pastikan kartu tidak melebihi 60 hari dari masa tenggang.

Untuk pengguna Indosat, mengaktifkan kembali kartu yang mati bisa langsung datang ke gerai Indosat terdekat. Biasanya untuk kartu yang telah tidak aktif lebih dari 1 bulan dari masa tenggang akan diubah menjadi pascabayar dulu, kemudian pelanggan bisa mengganti menjadi kartu prabayar biasa. Biayanya tergantung paket yang sobat Machan pilih. Sobat Machan juga harus membawa data diri yang berlaku saat aktivasi kembali kartu yang telah mati.

Sedangkan untuk pelanggan Telkomsel, kartu yang melewati masa tenggang akan sulit untuk diaktifkan kembali.

Untuk pengguna kartu tri memilikk masa aktif yang relatif cukul lama yakni 90 hari. Namun, jika kartu tidak digunakan sama sekali akan ada pemberitahuan bahwa kartu tri memasuki masa tenggang. Melebihi masa tenggang jika kartu tidak digunakan akan hangus. Sebelum kartu hangus dan tidak bisa digunakan, sobat Machan sebaiknya segera mengisi pulsa.

Semoga artikel ini dapat membantu dan jangan pernah meremehkan masa aktif kartu kalian. Kebijakan dan ketentuan dari masing – masing provider juga bisa berubah sewaktu – waktu. (DEW)

Comments