Kamu Suka Ngopi? Baca Dulu Dampak Kecanduannya

Malangchannel.com, –  Hai sobat Machan, kali ini kita akan bahas tentang kopi. Yah.. Kopi memang salah satu minuman yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Bahkan saking familiarnya, beberapa orang ada yang menganggap jika kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Biasanya kopi diminum saat pagi sebelum beraktifitas, siang hari, dan bahkan malam hari saat begadang untuk menemani mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya.

Saat ini, bagi kalangan anak muda sendiri kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hal ini ditunjukkan dengan anggapan jika kurang lengkap kalau nongkrong tanpa ada kopi. Namun, tahukah kalian jika mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebih justru berbahaya. Kandungan kafein pada kopi yang dikenal dapat menahan rasa kantuk jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih justru dapat menimbulkan beberapa efek samping lho.

Berikut adalah pemaparan tentang bahaya kopi jika dikomsumsi berlebihan…

Insomnia
Dikenal sebagai pencegah rasa kantuk, kopi banyak dikonsumsi orang-orang saat mereka ingin tetap terjaga di malam hari. Kandungan kafein yang dapat dalam kopi dapat menahan rasa kantuk.

Dilansir dari Halodoc, kafein disini bertugas untuk menghambat senyawa yang menimbulkan adanya rasa kantuk. Senyawa tersebut disebut dengan adenosin. Inilah mengapa rasa kantuk dapat hilang beberapa saat setelah minum kopi. Kandungan dari kafein sendiri dapat bertahan dalam tubuh selama 3-14 jam. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan waktu saat mengkonsumsi kopi agar jam tidur tidak terganggu dengan tetap memperhatikan jumlah minimal konsumsi kopi yakni sekitar 250 mg per hari.

Mengonsumsi kopi secara berlebihan tidak hanya membantu menghilangkan rasa kantuk malah akan berujung menimbulkan insomnia bila kita tidak bijak dalam memperhatikan takaran minimal kopi yang boleh dikonsumsi.

Gangguan Pencernaan
Selanjutnya, ternyata jika kita mengonsumsi kopi secara berlebih juga berdampak pada sistem pencernaan. Dilansir dari laman Hello Sehat, sifat asam yang terkandung dalam kopi dapat mempercepat produksi asam lambung dan empedu. Lalu empedu yang telah diproduksi mengalir ke usus dengan mudah dikarenakan kandungan zat pada kopi sehingga menyebabkan diare.

- Advertisement -

Nah itu menyebabkan beberapa orang merasa ingin buang air besar setelah minum kopi, hal ini dikarenakan kandungan kopi menyebabkan pelepasan gastrin yang merangsang peningkatan aktivitas motorik pada usus besar. Ketika usus besar bekerja dengan lebih cepat maka akan mempercepat proses pembuangan feses juga.

Selain itu, kopi juga bisa menimbulkan peningkatan gerak peristaltik yakni kontraksi dalam proses pencernaan yang menyebabkan makanan cepat diproses dalam tubuh yang nantinya menimbulkan BAB. Diare dan juga kontraksi BAB yang dirasakan setelah minum kopi menyebabkan makanan yang kita konsumsi tidak bisa diproses dengan baik oleh tubuh sehingga tubuh tidak bisa menyerap sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Gangguan Kecemasan
Lebih lanjut lagi, kopi ternyata juga berefek pada psikis. Pada laman Halodoc dijelaskan jika kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan menambahkan fokus saat bekerja. Namun, rasa cemas dan gugup dapat muncul ketika kopi dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Diketahui juga jika dalam kadar dosis tertentu kopi juga menyebabkan pernapasan menjadi cepat, gelisah, bahkan stress meningkat.

Hmm, sepertinya kalian harus lebih hati-hati ya dalam mengonsumsi kopi. Jika sobat Machan mengalami gejala seperti yang telah dijelaskan di atas tadi lebih baik kurangi konsumsi kopi, atau mungkin berhenti untuk minum kopi untuk sementara waktu dulu. Nah, untuk kalian yang sudah mulai kecanduan dengan kopi sebaiknya mulai perhatikan waktu dan juga takaran minimal konsumsi kopi per harinya. Hal ini sangat perlu kalian batasi dan perhatikan agar manfaat dari kebaikan kopi sendiri masih bisa rasakan. Salam sehat untuk sobat Machan. (HAW/MFT)

Source:
https://www.halodoc.com/artikel/gemar-minum-kopi-hati-hati-insomnia

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/efek-minum-kopi-bikin-buang-air-besar/?amp

https://www.halodoc.com/artikel/adakah-dampak-negatif-terlalu-sering-minum-kopi

 

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments