Jangan Sepelekan Gangguan Tidur, Waspada Bahaya Insomnia Cari Tahu Cara Mengatasinya

Malangchannel.com, Malang – Gangguan tidur di malam hari bisa menimpa siapa saja. Meskipun sudah beraktifitas seharian tapi tidak bisa segera tidur atau Sobat Machan tidak nyenyak dalam tidur. Hingga sobat Machan sulit fokus saat beraktifitas. Sobat Machan harus waspada bisa jadi itu karena sobat Machan mengalami insomnia.

Insomnia memliki dampak yang buruk untuk tubuh. Tidur yang terganggu dapat menyebabkan tubuh kelelasan saat bangun esok harinya. Jika kondisi ini terus – terusan berlanjut bisa saja sobat Machan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, sobat machan juga rentan terkena berbagai masalah kejiwaan seperti depresi dan kecemasan berlebih.

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal seperti masalah emosional atau gangguan psikologi. Cemas, stress, depresi, trauma, marah dan gangguan mental lainnya seringkali menjadi faktor utama penyebab insomnia. Masalah sosial dalam kehidupan sehari – hari juga dapat menyebabkan insomnia. Seringkali masalah sosial memicu masalah emosional dan psikologi.

Penyebab lain yaitu pola makan yang buruk dan berlebihan dalam bekerja. Berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol dan kaffein serta merokok dapat menyebabkan insomnia. Kandungan obat tertentu juga dapat mempengaruhi insomnia.

Insomnia bisa menyerang siapa saja perempuan dan laki – laki. Namun, menurut penelitian perempuan lebih mudah terserang insomnia daripada laki – laki. Usia di atas  tahun juga lebih rentan terkena insomnia. Selain itu faktor aktifitas yang dikerjakan juga dapat mempengaruhi.

Bukan berarti insomnia tidak bisa disembuhkan ya sobat Machan. insomnia dapat dikurangi dengan beberapa tips berikut ini

  • Perhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup memiliki peran yang sangat besar untuk mengurangi insomnia. Meredupkan cahaya ketika akan tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidur sobat Machan. Selain itu sobat Machan juga bisa mengurangi konsumsi rokok. Pola tidur yang teratur akan mempengaruhi insomnia. Terapkan jadwal bangun yang teratur agar tubuh bisa mengatur jadwal tidur.

  • Atur pola makan

Mengatur asupan dan jadwal yang masuk ke tubuh sobat Machan juga akan memengaruhi insomnia yang di derita. Sobat Machan bisa mengurangi konsumsi makanan dan minuman penyebab insomnia. Ada baiknya untuk makan 3 – 4 jam sebelum tidur dan tidak banyak mengkonsumsi cairan menjelang waktu tidur. Namun, cobalah mengkonsumsi segelas susu karena bisa meningkatkan kualitas tidur.

  • Membaca buku sebelum tidur

Membaca merupakan aktifitas yang dapat mengundang kantuk. Sobat Machan bisa membaca buku sebelum tidur. Jangan membaca dari layar hp karena cahaya biru dari gadget akan mempengaruhi hormon melantonin.

  • Ubah pola pikir

Jika berbagai permasalaahn mulai membebani sobat Machan dan menjadikannya beban sepanjang hari. Sobat Machan harus mencoba untuk fokus dan tidak memikirkan banyak hal ketika menjelang tidur.

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Memulai olah raga secara teratur selama 20 – 30 menit setiap hari bisa mengurangi insomnia. Walaupun sobat machan tidak langsung merasakan dampaknya namun perlahan olah raga teratur akan berimbas pada jadwal tidur tubuh sobat Machan.

  • Melalui cara medis

Cara yang satu ini bisa sobat Machan pilih ketika insomnia yang dialami sudah semakin parah dan tidak bisa dikurangi melalui cara – cara di atas. Sobat machan sebaiknya berkonsultasi pada pihak medis. Jika insomnia disebabkan oleh faktor pikiran, sobat Machan bisa menghubungi psikolog Jika dikarenakan gaya hidup sobat Machan, bisa berkonsultasi pada dokter.

Sekian tips untuk mengurangi insomnia sobat Machan semoga bermanfaat.

Comments