Jangan Sampai Sakit! Simak Cara Melewati Musim Pancaroba

Malangchannel.com, Malang – Cuaca saat ini sedang labil-labilnya bukan, kadang panas kadang dingin bisa bikin daya tahan tubuh kita menurun. Fenomena ini biasa disebut dengan musim pancaroba, yakni peralihan kemarau ke musim penghujan. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatim mengimbau untuk waspada terhadap cuaca ekstrem. Diperkirakan musim pancaroba akan terjadi selama beberapa pekan pada akhir bulan oktober sampai awal bulan november mendatang.

Angin kencang, hujan yang hanya terjadi pada waktu yang singkat, udara panas, dan dingin yang tidak dapat diprediksi adalah beberapa ciri musim pancaroba. Keadaan ini tentunya membuat daya tahan kita dapat melemah atau bahkan bisa jatuh sakit. Sesak nafas, sakit kepala, flu dan penyakit lainnya biasa menyerang pada saat ini. Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi cuaca ekstrem ini?

  1. Pakailah jaket atau jas hujan
    Kadang panas lalu berubah menjadi dingin, pada cuaca seperti ini tidak ada salahnya kita mempersiapkan jaket ataupun jas hujan. Setidaknya ini dapat mengurangi terpaan hujan ataupun panas yang menyengat.
  2. Asupan gizi dan vitamin yang seimbang
    Panas-panas enaknya memang makan yang dingun, hujan-hujan enak makan yang panas ya kan. Tapi itu belum tentu hal yang baik lho untuk tubuh kita. Ada baiknya kita mengatur pola keseimbangan yang sehat untuk tubuh, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur serta mengonsumsi vitamin dan jangan lupa minum air putih yang banyak.
  3. Olahraga juga perlu
    Tidak perlu melakukan hal yang berat. Lari ditempat juga termasuk olahraga kok, atau kalau kalian sempat kalian bisa olahraga lain yang aman dan tidak terlalu menyita tenaga dan waktu. (HAW)

Comments