Inspirasi Es Manado, Menu Mudah Untuk Berbuka Puasa

Malangchannel.com,Malang-Bulan Ramadhan telah tiba, bulan suci dan penuh berkah yang ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Tapi, ada yang berbeda pada bulan Ramadhan tahun ini. Puasa tahun ini harus dijalani di tengah pandemi wabah Virus Corona. Tentunya banyak hal yang harus disesuaikan sesuai himbauan pemerintah seperti di rumah saja dan bekerja dari rumah. Kondisi di luar yang tidak menentu juga memicu kekhawatiran.

Tingkat kewaspadaan terhadap kebersihan semakin meningkat. Saat ini, kebanyakan orang akan lebih memilih mengolah makanan sendiri dan mengurangi pembayaran dengan uang tunai untuk mencegah penyebaran virus. Dengan mengolah makanan sendiri kita akan lebih mengetahui bagaimana makanan tersebut diproses.

Salah satu resep untuk mengisi waktu selama di rumah dan menunggu waktu berbuka,yang bisa sobat Machan buat sendiri yaitu es manado. Bahan yang diperlukan untuk membuat es Manado tidak sulit dan cara membuatnya relatif cukup mudah.

Bahan yang dibutuhkan

1 bungkus nata de coco

¾ kaleng susu kental manis

15 sdm gula (tambahkan sesuai selera)

2 sdm biji selasih

2 buah sirsak yang telah dibuang bijinya

1 buah alpukat

1 buah kelapa muda (ambil daging dan airnya)

2 lbr daun pandan

Bahan Jelly

1 bungkus nutrijel rasa lechy

600 ml air

3 sdm gula

Pewarna makanan merah (secukupnya)

 

Cara membuat

Masak bahan jelly sampai mendidih dan kental. Tuang dalam Loyang, dinginkan. Kemudian potong sesuai selera.

Rendam biji selasih, biarkan.

Haluskan buah sirsak yang telah dibuang bijinya dengan susu kental manis

Masak gula dengan air secukupnya dan tambahkan daun pandan hingga gula larut.

Siapkan wadah yang cukup untuk mencampur semua bahan.

Sesuaikan air dan gula untuk mendapatkan rasa yang pas

 

Es manado memiliki perpaduan rasa asam manis yang menyegarkan ditambah potongan buah segar tentunya akan melegakan dahaga sobat machan setelah seharian berpuasa. Selain sebagai inspirasi menu berbuka puasa, es anado juga bisa dijadikan ide bisnis takjil di bulan Ramadhan. Kita bisa menjualnya pada teman, tetangga atau saudara. Selamat mencoba sobat Machan.(DEW)

Comments