Indonesia Darurat Asap, Para Relawan Kemanusiaan Berikan Uluran Tangan Untuk Para Korban Terdampak

Malangchannel.com, Malang – Saat ini Indonesia sedang menjadi sorotan nasional maupun dunia hingga dapat dikatakan darurat asap pada tingkat berbahaya, setidaknya ada jutaan hektar lahan maupun hutan diwilayah Sumatera dan Kalimantan saat ini tengah terdampak kebakaran yang sudah pada level darurat. Semakin hari terlihat kian pekat pencemaran udara pada wilayah-wilayah yang terdampak, pemerintah pusat maupun daerah tengah merilis jika bencana ini pada level yang sudah sangat tidak sehat.

Tidak hanya orang tua, baik anak-anak dan lansiapun sudah menjadi korban dari kebakaran diwilayahnya, infeksi pernafasan (ISPA) banyak dialami oleh para masyarakat disana. Tidak hanya itu, bahkan fatalnya banyak korban meninggal dan kritis akibat bencana ini. Untuk saat ini akses laut maupun udara sudah dibatasi untuk meminimalisir kecelakaan. Dengan begitu baik bantuan maupun masyarakat tidak bisa terevakuasi dengan maksimal.

Melalui kegiatan “Kapal Kemanusiaan Darurat Asap, Siap Menembus Pekatnya Asap” komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang merupakan lembaga kemanusiaan tergerak untuk mengadakan aksi sosial demi membantu masyarakat terdampak bencana. Melalui aksi #IndonesiaDermawan para relawan giat membantu mengumpulkan donasi baik uang maupun barang untuk disalurkan pada wilayah terdampak.

Minggu (22/09) lalu komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama para relawan membuat kegiatan pengumpulan donasi di car free day kota Malang. Kegiatan ini disambut baik oleh para masyarakat, salah satunya Aditya Winarko yang adalah pengunjung car free day asal Jakarta mengaku sangat mendukung kegiatan sosial ini.

“Dimasa sekarang terbilang jarang orang mau meluangkan waktu, uang dan tenaganya untuk orang lain. Dan lagi komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini memiliki misi mulia ingin menembus pekatnya asap Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan untuk memberikan bantuan secara langsung kepada para korban bencana,” ungkapnya.

Senada dengan Aditya Winarko, pengunjung lainpun juga mengapresiasi kegiatan sosial ini. Dengan begini bantuan akan langsung diterima oleh yang membutuhkan, dengan begitu akan semakin kecil nilai kematian atupun korban terdampak disana.

Jeleknya kualitas udara di wilayah terdampak sudah memasuki level “tidak sehat”, upaya pemerintah daerah dan pusat sudah sangat maksimal untuk memadamkan titik-titik api serta mengevakuasi para korban bencana asap. Untuk menanggulanginya, Tim Medis Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sudah ada dilokasi bencana sudah menyelenggarakan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat disana.

“Sudah ada tim dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang meluncur ke lokasi terdampak bencana, kami yang ada dipulau tidak terdampak sebisa mungkin memberikan bantuan melalui donasi yang telah dikumpulkan. Tidak banyak, namun dengan ini kami berharap dapat sedikit membantu meringankan beban para korban di pulau Kalimantan dan Sumatera,” ungkap salah satu relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang (HAW)

Comments