Hati – Hati Virus Corona Bisa Menular Dari Benda Disekitarmu

Malangchannel.com, Malang-Penyebaran virus Corona tidak hanya melalui manusia ke manusia secara langsung. Ternyata, virus ini juga mampu bertahan di luar tubuh manusia. Droplet yang disebarkan oleh manusia yang terinfeksi dapat mendarat pada permukaan benda. Virus yang bertahan dapat menginfeksi manusia. Lalu berapa lama virus ini dapat bertahan di luar tubuh manusia?

Menurut The New England Journal of Medicine, SARS-CoV-2 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona dapat bertahan diudara selama 3 jam, di permukaan plastik selama 72 jam, bertahan di permukaan stainless steel selama 48 jam. Virus Corona juga dapat bertahan dipermukaan kardus hingga 24 jam. Sedangkan dipermukaan tembaga dapat bertahan selama 4 jam.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh The Journal of Hospital Infection, menyebutkan HCoV (Human Coronavirus) dapat bertahan 5 hari pada baja, PVC, karet, keramik, teflon dan kaca, 2 – 8 jam pada Alumunium, 2 – 6 hari pada plastik, 8 jam pada sarung tangan bedah (latex).

Jadi kita perlu berhati – hati dengan benda – benda yang ada di sekitar kita. Saat ini kita akan sering menjumpai orang – orang yang membuka pintu dengan siku, penumpang yang menggosok pegangan kereta dengan cairan pembersih dan pekerja kantoran yang membersihkan meja mereka sebelum digunakan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

- Advertisement -

CDC/Center of Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan untuk selalu membersihkan permukaan benda yang sering disentuh seperti meja, pegangan pintu, saklar lampu, pegangan, meja, toilet, keran dan wastafel menggunakan desinfektan pembersih.

Menurut penelitian desinfektan yang dapat membunuh virus Corona setidaknya harus mengandung 62 – 71% Etanol, 0,5% Hidrogen Peroksida, dan 0,1% Sodium Hypochlorite/Natrium Hipoklorit.

Jadi sobat Machan juga harus berhati – hati. Tidak hanya rajin membersihkan tangan, tapi sobat Machan juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Cuci tangan sebelum masuk rumah dan sesering mungkin. Jika menerima paket, pastikan untuk membersihkan permukaan kardus dan mencuci tangan sebelum dan sesudah membuka paket serta bersihkan barang – barang yang baru dibeli. Segera ganti pakaian dan cuci setelah digunakan dari aktivitas di luar.(DEW)

Sumber: https://www.nejm.org/doi/10.1056/NEJMc2004973, https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning-disinfection.html, https://www.journalofhospitalinfection.com/article/S0195-6701(20)30046-3/fulltext

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments