Gunung di Malang yang Bisa Didaki

malangchannel.com, Gunung di Malang tidak kalah eksotis dengan pantainya. Letak geografis, menyebabkan Malang memiliki kenampakan alam yang indah.

Tidak sedikit wisatawan lokal dan asing datang ke Malang untuk menjelajahi gunung gunung yang ada di Malang. Menghabiskan liburan dengan mendaki gunung bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan. Setiap perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pengalaman yang didapat.

Berikut ini ada beberapa daftar gunung yang bisa didaki.

1. Gunung Arjuno

Salah satu gunung yang menawarkan daya pikat luar biasa. Meskipun gunung Arjuno menjadi salah satu gunung yang banyak kisah mistisnya namun tetap tidak menyurutkan niat para pendaki.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur. Ada tiga jalur pendakian, melalui Batu, Lawang dan Tretes. Tretes menjadi jalur yang paling ramai karena banyak sumber mata air dan bisa langsung ke Welirang.

2. Gunung Welirang

Gunung yang masih satu kawan dengan Gunung Arjuno merupakan gunung berapi aktif. Di Gunung Welirang juga terdapat tambang belerang.

Jalur penanjakan di Gunung Welirang cukup ekstrim. Ada jalur yang dikenal dengan jalur tanjakan asu. Nama ini menggambarkan trek yang menantang untuk dilalui.

3. Gunung Panderman

Gunung Panderman cocok untuk pendaki pemula. Pasalnya, ketinggian dari Gunung Panderman sekitar 2045 mdpl. Tanjakan di sini didominasi oleh tanah berpasir. Jika mendaki di musim hujan harus berhati – hati karena jalanan akan lebih licin.

Ada dua jalur pendakian menuju puncak Panderman. Pertama melalui Dukuh Toyomerto, Pesanggrahan dan kedua melalui Curah Banteng. Jalur yang paling aman dan sering dilalui yaitu via Dukuh Toyomerto.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki puncak tertinggi di pulau Jawa (3676 mdpl) . Jalur pendakian melalui Desa Ranu Pani. Banyak spot menarik di sepanjang pendakian. Ada Ranu Pani, Ranu Kumbolo, tanjakan cinta, oro-oro ombo, kalimati dan mahameru.

Gunung Semeru selalu ramai dengan pendakian setiap harinya. Sistem pe daftaran disini sudah melalui online. Maksimal pemesana H-3 sebelum pendakian. Kuota jumlah pendaki perharinya hanya 600 orang. Jadi sobat Machan harus mendaftar jauh jauh hari apalagi jika melakukan pendakian beramai – ramai.

5. Gunung Butak

Gunung Butak juga cocok bagi pendaki pemula. Rute pendakian ke puncak memiliki tingkat kesulitan yang sedang. Gunung ini memiliki ketinggian 2868 mdpl.

Pesona Gunung Butak terletak pada hamparan sabana yang luas dan penuh bunga edelweiss. Pemandangan ketika sudah sampai di puncak juga mempesona. Terlebih saat matahari terbit.

Gunung yang masih tergolong dalam gugusan gunung putri tidur ini memiliki dua jalur pendakian. Melalui Panderman dan Sirah Kencong, Blitar. Seringkali, pendaki memilih melalui Panderman. Meskipun lebih jauh, rute yang dilalui cukul landai.

Beberapa hal yang harus sobat Machan ingat untuk tetap menjaga perilaku dimanapun berada. Tetaplah menjadi manusia yang rendah hati meskipun di tempat tinggi. Jangan pernah meninggalkan jejak apapun saat pulang. Dan jangan pernah membawa apapun kecuali sampah. (DEW)

Comments