Cara Mendapatkan Uang Tambahan Untuk Mahasiswa

malangchannel.com, Memasuki fase menjadi mahasiswa seperti memiliki tuntutan untuk lebih mandiri. Banyak permasalahan yang harus dipecahkan sendiri. Terkadang banyak hal tak terduga muncul di luar perkiraan. Salah satu problem yang sering dihadapi adalah masalah finansial. Seringkali teman – teman mahasiswa merasa “mau minta malu tapi ga minta ga ada uang”.

Ingin memulai sebuah usaha tapi terkendala oleh modal. Namun, sekarang sobat Machan tidak perlu resah lagi. Dengan berbagai perkembangan teknologi dan berbagai inovasi dapat sobat machan manfaatkan. Berikut ini adalah tips – tips yang bisa sobat Machan manfaatkan untuk menambah uang saku.

  • Jualan Pulsa

Yap, saat ini siapa sih yang ga butuh pulsa dan kuota. Informasi menjadi salah satu kebutuhan pokok mahasiswa. Berjualan pulsa juga tidak perlu dengan modal yang besar. Sobat Machan bisa memulai usaha jualan pulsa hanya dengan bermodalkan 100.000.

  • Guru Les Private

Selanjutnya sobat Machan bisa menjadi guru les private. Selain bisa menambah uang saku menjadi guru les juga bisa meningkatkan skill sobat Machan. Terlebih lagi sobat Machan yang memiliki latar belakang jurusan pendidikan.

  • Usaha Makanan Ringan

Buat sobat Machan yang jago bikin kuliner, bisa banget mencoba usaha yang satu ini. Atau sobat Machan bisa menjadi reseller makanan ringan. Sobat Machan bisa membeli snack ukuran besar kemudian di packing ulang kecil – kecil.

  • Dropshipper

Nah, ini adalah salah satu usaha yang hampir tanpa modal. Sobat Machan bisa menjadi dropshipper hanya bermodalkan kuota atau WiFi. Usaha ini tidk perlu memiliki barang atau toko, Sobat Machan hanya perlu memesan barang dari kosumen ke seller.

  • Freelance Writer

Dengan perkembangan zaman, gaya hidup orang juga mulai berubah. Pola hidup dituntut untuk lebih cepat dan efisien termasuk informasi di dalamanya. Sobat Machan juga bisa mencoba menjadi penulis lepas di media online maupun offline. Menjadi penulis lepas juga dapat meningkatkan skill sobat Machan.

  • Menjadi Driver Online

Menjadi driver online merupakan peluang yang bagus untuk menambah penghasilan. Saat ini, banyak sekali mahasiswa yang menjadi driver online karena waktunya fleksibel.

  • Translator

Untuk mahasiswa yang memiliki latar belakang bahasa asing dapat mengambil kesempatan menjadi translator. Sobat Machan bisa mematok harga dari 30.000 hingga 50.000 atau tergantung pada tingkat kesulitan dan banyak naskah.

  • Photografer atau Videographer

Sobat Machan yang memiliki hobi dalam bidang fotografi atau videografi bisa mencoba usaha ini. Sobat Machan bisa mendokumnetasikan kegiatan di kampus, foto pernikahan atau event – event lainnya.

Dari berbagai cara di atas sobat machan lebih tertarik yang mana sebagai usaha sampingan untuk menambah uang saku. (DEW)

Comments