Candi Di Malang Yang Keren Untuk Berwisata

Malangchannel.com, Malang-Wisata sejarah yang akan kita bahas di artikel kali ini yaitu Candi yang ada di Malang. Berdasarkan sejarahnya, Malang pernah diduduki oleh kerajaan Singosari. Banyak peninggalan dari kerjaan Singosari baik berupa kebudayaan benda dan tak benda. Di Malang ada banyak candi diantaranya candi Singosari, candi Kidal, candi Sumberawan, candi Jago, candi Jawar Ombo, candi Bocok, candi Badut, dan kompleks percandian Gunung Arjuna.

a. Candi Singosari
Candi Singosari atau candi Singhasari atau candi Singasari terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Singosari dan bercorak Hindu – Buddha. Menurut kitab Negarakertagama dan prasasti Gajahmada, candi ini merupakan tempat pendharmaan Raja Kertanegara tahun 1292.

b. Candi Kidal
Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Candi ini dibangun pada tahun 1248 dan memiliki corak Jawa Timuran yang kental. Pembangunan candi Kidal merupakan penghormatan terhadap Raja Anusapati yang memimpin kerajaan Singosari selama 2 dekade. Namun, Raja Anusapati dibunuh oleh Panji Tohjaya.

c. Candi Sumberawan
Candi Sumberawan terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 6 km dari candi Singasari. Candi yang bercorak Budha ini hanya berupa stupa. Candi ini terletak di lereng gunung Arjuna sehingga memiliki udara yang sejuk dan segar.

d. Candi Jago

Candi Jago. Sumber :instagram.com/sam_bahri13

Candi Jago terletak di Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Candi ini bercorak Hindu-Buddha dan dibangun untuk menyimpan abu jenazah Raja Wisnuwardhana. Candi yang dibangun pada abad ke-13 ini memiliki struktur tingkat tiga seperti punden berundak. Menurut penuturan warga sekitar, dulu candi Jago pernah tersambar petir sehingga bentuknya menjadi tidak utuh lagi.

e. Candi Jawar Ombo
Candi yang terletak di Desa Mulyosari, kecamatan ampel, Malang. Candi ini terlihat unik karena hanya berbentuk gapura dan tepat menghadap ke Gunung Semeru. Bangunan dari candi ini hanya sendirian, tidak memiliki komplek lengkap seperti kebanyakan candi. Candi ini merupakan lokaso pertapaan para pendeta masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.

f. Candi Bocok
Candi Bocok merupakan peninggalan kerajaan Majapahit saat dipimpin Raja Hayam Wuruk. Candi ini terletak di Desa Pondolagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Candi Bocok memiliki keunikan tersendiri karena terdapat arca Siwa yang sangat detail.

g. Candi Badut
Candi yang terletak di kawasan Tidar, Dusun Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang merupakan peralihan dari gaya bangunan klasik Jawa Tengah ke Jawa Timur. Kata Badut berasal dari bahasa Sansekerta Bhadyut yang berarti sorot bintang canopus atau sorot agastya. Pada ruangan induk berisi lingga dan yoni, simbol dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

h. Kompleks Percandian Gunung Arjuna
Candi di kompleks percandian Gunung Arjuna menganut agama Buddha. Tempat ini dulu sering digunakan sebagai tempat pemujaan sejak jaman kerajaan Singosari dan Majapahit. Dalam area ini banyak terdapat candi di satu kawasan. (DEW)

Comments