Berdayakan Masyarakat Sanan, Civitas UM Beri Pelatihan Pembuatan Souvenir Khas dari Batu Hias

Malangchannel.com, Malang – Civitas Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat Sanan melalui Pelatihan Pembuatan Souvenir Khas dari Batu Hias. 

Ketua RW 15, Pak Ipung menceritakan kerjasama Sanan dan UM yang sudah berlangsung lama, termasuk awal diadakan festival tempe.

“Kerjasama dengan UM sudah lama, bahkan tahun kemarin itu, sebelumnya Festival tempe kita juga dipelopori oleh UM.  Yang ngawal kita membuat awal festival tempe pertama tahun 2018. Sebenarnya bulan April, setiap 21 April  itu kita adakan festival tempe. Tahun ini ada pandemi kita mundur,” Jelas Ipung.

“Sebetulnya oleh-olehnya hanya keripik tempe sama tempe, terus praktek. Kita praktek proses pembuatan tempe dan blusukan. Pulangnya kita kasih oleh-oleh. Nah, salahsatunya kita gandengkan ini, souvenir ini kita masukkan di paketan itu,” ungkap pengusaha kripik tempe “Sananta” yang juga youtuber ini.

Kegiatan sivitas UM ini ditutup pada hari Sabtu, 27 September 2020 mulai pukul 09.00 wib bertempat di Jl. Sanan 45/51 PRIMKOPTI ” Bangkit Usaha” Purwantoro, Blimbing, Malang.

Civitas UM dalam kegiatan ini berasal dari Fakultas  Sastra Jurusan seni dan desain terdiri dari 5 dosen dan 5 mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan yang sempat terdampak Covid-19 ini.

Tim pelaksana pemberdayaan masyarakat Sanan ini diketuai oleh Drs AAG Rai Arimbawa, M.Sn bersama 4 dosen antara lain Dra. Lilik Indrawati, M.Pd ,Drs.Sumarwahyudi, M.Sn ,Fenny Rohbeind S.Pd., M.Sn. serta Denik Ristya Rini S.Pd., M.Pd.

Selain itu juga melibatkan lima orang mahasiswa yaitu Mariyah Haura, RikardusKurnia Lango,H Firmaningrum, Alby Aruna, Malida Qonitah Fani yang menjadi tim pelaksana lapangan. 

- Advertisement -

Kegiatan ini dimulai pada Bulan Februari 2020, dilakukan pelatihan untuk 5 mahasiswa, yang menjadi tim pelaksana lapangan. Pelatihan dilakukan selama 3 kali pertemuan.

Awal Maret, tim Pengabdian diundang untuk melakukan koordinasi dengan pihak RW 15 dan Ketua-ketua RT di wilayah tersebut untuk menentukan jadwal pelatihan, peserta kegiatan, dan puncak acara yaitu Festival Tempe Sanan.

Festival ini adalah inisiatif bersama antara LP3 UM bersama Prodi- prodi di lingkungan UM yang terlibat dalam kegiatan pelatihan di Sanan ini. Pihak UMDUM dan Sanan sepakat untuk melakukannya di bulan Maret minggu ke 3 di hari Sabtu dan minggu, selama 4 kali pertemuan.

Sasaran kegiatan Pelatihan Pembuatan Pelatihan Pembuatan Souvenir Khas Dari Batu Hias ini disepakati adalah Ibu-ibu PKK RW15 Sanan, karena untuk pemuda/i akan diberi pelatihan dengan materi yang lainnya oleh tim yang berbeda.

Kegiatan pembekalan TIM di Studio Kriya E8 FS dilaksanakan pada hari rabu, 4 Maret 2020 dan Kamis 19 Maret 2020.

Kegiatan ini dibuka pada hari  Minggu , 22 Maret 2020  dan direncanakan ditutup pada hari Minggu, 26 April 2020. Namun, Pandemic covid menjadikan semua agenda di atas tidak bisa dilaksanakan seperti jadwal yang direncanakan.

Tim dan masyarakat Sanan sepakat menunda pelaksanaan kegiatan sampai kondisi kondusif kembali. Koordinasi Tim dengan dengan RW dan Tim penggerak Ibu-Ibu RW 15 Sanan dilakukan kembali pada bulan Agustus.

Hasil koordinasi ini menghasilkan kesepakatan sebagai kegiatan dilanjutkan dengan tetap mengedepankan kesehatan semua pihak. Untuk itu kegiatan menggunakan protocol covid 19, Peserta dibatasi hanya 20 orang , Posisi duduk diatur berjarak,S mengenakan masker dan cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan. (RFL)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments