Bahaya Petir Menyambar! Hindari 6 Kegiatan Ini

Malangchannel.com, Malang-Hujan sudah mulai mengguyur Kota Malang dan sekitarnya sobat Machan. Cuaca menjadi seringkali tidak terduga. Hampir setiap hari hujan akan turun mulai dari hujan gerimis hingga hujan badai kadangkala disertai petir yang menyambar. Kita harus berhati – hati ketika ada petir ya Sobat Machan. Petir merupakan cahaya kilat yang menyilaukan karena tarik menarik muatan positif dan negatif. Bahaya petir pada manusia dapat mengacaukan sirkulasi darah dan merusak pernapasan.

Beberapa hal berikut ini harus dihindari saat ada petir

1. Berteduh di Bawah Pohon
Sobat Machan, saat hujan masih banyak orang yang berteduh di bawah pohon. Sebisa mungkin hindari hal ini karena pohon yang tinggi memiliki resiko besar tersambar. Manusia sendiri dapat menghantarkan listrik jadi petir dapat dengan mudah mengalir ke tubuh manusia. Jadi, kalau sobat Machan ingin berteduh saat hujan lebih baik menghindari pohon atau benda yang tinggi. Bahaya petir saat kita berteduh di bawah pohon dapat kita rasakan.

2. Berada Di Tengah Lapangan Terbuka
Tidak hanya bawah pohon yang menjadi sasaran petir, lapangan terbuka juga sangat rawan tersambar petir. Lapangan terbuka ini tidak hanya tanah lapang ya, bisa juga di sawah atau tempat luas tanpa pepohonan atau benda tinggi. Hal ini karena hanya obyek manusia yang ada di situ jadi petir akan lebih mudah menyambar benda yang lebih tinggi daripada sekitarnya.

3. Hindari Menyentuh Struktur Beton
Beton, dinding dan lantai memiliki kawat logam atau palang yang mudah menghantarkan listrik. Hal ini sangat rawan bagi manusia karena dapat dengan mudah tersengat listrik.

4. Dekat Jendela
Tidak hanya beton, lantai dan dinding, jendela dan pintu juga memungkinkan untuk tersambar petir karena memiliki bagian logam yang dapat tersambar petir dengan mudah. Hindari berdiri ata duduk di pintu dan jendela, lebih baik berlindung di dalam.

5. Jangan Memainkan Alat Elektronik di Luar Ruangan
Alat elektronik lebih mudah menghantarkan listrik dan memancarkan gelombang radio. Banyak kejadian orang tersambar petir karena bermain gadget. Itulah sebabnya kenapa bermain gadget dilarang saat ada petir. Tidak hanya gadget, televisi dan telpon rumah juga bisa saja tersambar petir. Pastikan saat ada petir untuk mencabut kabel listrik dari colokan.

6. Mandi
Satu lagi yang harus sobat Machan hindari saat ada petir yaitu mandi. Saat tersambar petir, aliran listrik dapat mengalir bersama air melalui pipa. Oleh sebab itu, saat petir sebaiknya hindari penggunaan air terlebih yang melalui pipa.(DEW)

Comments