Awas Makanan Basi Di Dalam Kulkas, Cek Jangka Waktu Menyimpan Makanan Di Dalam Kulkas

Malangchannel.com, Malang-Kulkas adalah perangkat elektronik yang sangat membantu dalam rumah tangga. Hampir semua rumah memiliki barang elektronik satu ini. Kulkas dinilai sangat membantu untuk menyimpan berbagai macam makanan. Makanan yang disimpan dalam kulkas bisa menjadi lebih awet atau tidak mudah basi.

 

Biasanya kita memanfaatkan kulkas untuk menyimpan makanan yang tidak habis, sayur segar, daging, buah – buahan, susu, frozen food, aneka snack dan macam – macam makanan lainnya. Namun, tahukah sobat Machan jika setiap makanan memiliki batas waktu penyimpanan tersendiri. Jangan sampai niat untuk menjaga makanan dan minuman dalam kulkas agar tetap baik malah berubah menjadi berbahaya karena sudah basi.

 

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan makanan di kulkas. Faktor yang dapat mempengaruhi seperti tingkat kesegaran dan kebersihan makanan, semakin segar dan bersih maka makanan tersebut akan semakin lama dapat disimpan di kulkas. Selanjutnya yaitu suhu penyimpanan, makanan yang disimpan dalam freezer umumnya bertahan lebih lama karena suhu yang lebih dingin. Perlu diperhatikan juga kulkas yang terlalu penuh juga tidak bisa optimal karena suhu dingin dalam kulkas tidak bisa merata. Terkahir yaitu jenis makanan, makanan yang kering cenderung memiliki waktu lebih lama untuk disimpan di kulkas daripada makanan yang banyak kandungan airnya.

 

Makanan yang dimasak biasanya bisa tahan 3 – 4 hari di dalam kulkas. Selain makanan yang telah di masak, berikut ini ada beberapa jenis makanan dan lama waktu penyimpanan di refrigerator dengan suhu 1 – 5 C.

 

– Mentega : 1 – 3 bulan

– Telur : 3 – 5 minggu

– Keju : 1 bulan

– Susu segar : 2 – 3 hari setelah dibuka

– Sayur hijau dan tomat : 7 hari

– Cabai dan Seledri : 3 minggu

– Polong – polongan, mentimun, brokoli dan terung : 2 – 5 hari

– Wortel, apel dan delima : 4 minggu

– Buah segar : 4 – 6 hari

– Daging ayam, Ikan segar, kerang, tiram, cumi segar : 1 – 2 hari

– Bakso dan Ham : 3 – 4 hari

– Daging segar : 3 – 5 hari

– Daging asap : 5 – 7 hari

 

Untuk lama penyimpanan makanan di dalam freezer bisa lebih lama. Tetapi untuk telur dan susu sebaiknya tidak disimpan dalam freezer. Berikut ini durasi penyimpanan dalam freezer.

 

– Ayam, ikan dan daging mentah : 6 – 9 bulan

– Mentega : 6 – 9 bulan

– Es krim : 2 bulan

– Ayam dan daging yang telah dimasak : 4 bulan

– Ham matang : 1 – 2 bulan

 

Seringkali karena kesibukan, kita lupa kapan waktu menyimpan makanan. Ada baiknya untuk memberi label tanggal penyimpanan pada setiap makanan atau minuman dalam kulkas.(DEW) 

 

 

Comments