Aplikasi ‘GERABA’ Mengajarkan Anak-Anak Belajar Sholat Lebih Mudah

MalangChannel.com, Malang – Mengajarkan ibadah pada anak bukan hal yang mudah dilakukan. Ada kalanya anak merasa bosan dan kesulitan ketika belajar sehingga anak merasa malas untuk melakukannya lagi. Menurut Jean Piaget, belajar membutuhkan kematangan pada otak anak , dan diantara satu anak dengan anak lainnya berbeda waktu kematangannya. Anak yang telah matang otaknya mampu memahami dengan baik di usia 3 tahun, sehingga tidak susah menghafalnya, namun ada juga yang baru siap ketika usia 7 tahun. Sehingga kunci pokok utamanya adalah tentang kematangan otaknya.

Pengetahuan akan teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan hampir sebagian besar kegiatan sehari-hari seseorang tidak lepas dari kecanggihan teknologi  dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran adalah media yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi yang melibatkan perangkat bergerak seperti ponsel, laptop, dan tablet PC. Media apliaksi pembelajaran telah banyak di terapkan oleh beberapa TK untuk menujang kegiatan pembelajaran anak. Salah satu contoh adalah aplikasi yang dapat membantu untuk memudahkan anak mempelajari gerakan dan bacaan sholat, mengingat begitu pentingnya  hafalan sholat dan gerakannya bagi kehidupan manusia maka sudah seharusnya bila anak-anak mempelajarinya sejak usia dini.

Di TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach”  Malang terdapat kebiasaan sebelum melakukan pelajaran dimulai, yaitu mereka menerapkan sistem menghafal bacaan sholat setiap pagi.  Permasalahan yang sering muncul yaitu anak-anak sulit untuk menghafal karena kegiatan menghafal bagi anak-anak merupakan hal yang membosankan. Selain susah untuk menghafal anak-anak otomatis akan susah menerapkannya karena tidak melihat secara langsung gerakan sholat.

Mahasiwa Universitas Negeri Malang (UM) meberikan solusi atas permasalahan ini, terutama dalam masalah menghafal gerakan dan bacaan sholat untuk anak-anak TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach”  Malang.

Melalui aplikasi berbasis android dengan judul GERABA (gerakan sholat dan bacaanya) yang diciptakan Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) UM yang diketuai oleh Grezi Bimbi Mandira dengan dua rekannya Muhamad Andri Wicaksono dan Dyna Sumda Aswad, berharap dapat mempermudah anak-anak TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach”  Malang dalam menghafal bacaan dan gerakan sholat dengan mudah. Dalam aplikasi ini terdapat materi 5 waktu sholat, animasi gerakan sholat, pengertian dari setiap gerakan sholat, bacaan sholat serta arti dari bacaan tersebut.

“GERABA dibuat khusus untuk anak-anak TK agar dapat menghafal dan menirukan gerakan sholat dengan mudah. Tak hanya belajar, pada aplikasi ini juga terdapat game yang dapat dimainkan oleh anak TK yakni berupa Puzzel dan Tebak Gambar sehingga anak-anak tidak bosan saat menggunakan aplikasi ini” ungkap Bimbi.

Antusias anak-anak TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach”  Malang sangat tinggi, hal ini terbukti saat mereka berebut ingin menggunakan aplikasi GERABA (gerakan dan bacaan sholat), beberapa menit setelah menggunakan aplikasi tersebut anak-anak sudah dapat membaca salah satu bacaan sholat dan menirukan gerakanya secara bersamaan.

Tidak ada kesulitan saat pembuatan aplikasi ini, dikarenakan salah satu anggota Tim PKM sudah terbiasa dalam membuat aplikasi berbasis android jelas Andri.

Tim yang mengembangkan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian tahun 2018 tersebut mengungkapkan bahwa nantinya kegiatan ini tidak saja berhenti pada aplikasi GERABA saja, namun juga menjadi awal dalam mengembangkan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk siswa-siswi lainya dan dapat mengabdi untuk masyarakat dan berharap dapat maju di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 31 (PIMNAS 31) pada Agustus 2018 mendatang. (GBM-MAW-DSA)

You might also like More from author

Comments