4 Tips dan Trik Hidup Hemat ala Anak Kost Jaman Now

MalangChannel.com, Malang – Hidup di kota orang dengan hidup di rumah pasti jauh berbeda, di rumah hidup serba berkecukupan namun sebagai anak kost harus bertahan dengan segala keterbatasan. Tidak jarang, di awal bulan bagi nawak machan yang kost  adalah berkah yang melimpah kala uang kriman sudah di transfer atau telah sampai pada genggaman nawak machan. Namun coba nawak machan bandingkan, dengan tengah dan akhir bulan, saat dompet mulai menipis, rasanya bagaikan minum kopi tanpa gula yakni pahit. Dan saat akhir bulan tiba, tak jarang anak kost selalu dituntut untuk berjuang bertahan hidup dengan uang yang tinggal beberapa lembar.

Kali ini penulis akan memberikan lima tips dan trik hidup hemat ala anak kost jaman now, supaya nawak machan tetep bisa bergaya kekinian dan nggak hidup merana. Tips dan trik yang penulis informasikan sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, alhasil memuaskan uang tetep awet walau akhir bulan hehe. Berikut tips dan trik hidup hemat ala anak kost jaman now :

  1. Perhitungkan Biaya keseluruhan makan. Karena makan adalah pengeluaran terbesar.

Memperhitungkan keseluruhan biaya makan adalah cara hidup hemat yang pertama. Nawak machan hanya perlu membuat variasi yang kreatif namun tetep enak, sehat, dan ekonomis. Berikut variasi makanan yang bisa nawak machan terapkan.

Masak makanan dan minuman sendiri

Biasanya nih anak kost membawa atau membeli rice cooker untuk di kostnya dan adapula yang membawa dispenser, ada juga sebagian kost yang sudah menyediakan fasilitas dapur. Jadi yang punya dapur di kostnya, nawak machan dapat memasak untuk diri sendiri, dengan memasak makanan sendiri hal ini menjadi lebih hemat untuk bertahan hidup, nawak machan bisa mengatur lauk apa yang  dimakan dengan harga yang murah yang dibeli di pasar dibandingkan dengan warung-warung yang ada di sekitar kost. Untuk yang tidak punya dapur di kostnya, usahakan untuk menanak nasi, hal ini untuk menghemat biaya membeli nasi ke warung dan membeli lauk pauk yang sederhana tapi sehat seperti tempe goreng, tahu, telor goreng dan lain-lain

Mi Instan:

Sepertinya hidup sebagai anak kost nggak sah kalau nggak makan mi instan. Dalam hal ini bukan berarti makanan yang tiap hari nawak makan adalah mi instan. Tetapi jangan terlalu sering cukup 2 kali seminggu, atau bisa juga beli sereal yang digunakan untuk sarapan dan makan malam seperrti quacker oats, energen dan sereal lainya.

  1. Untuk keperluan kost, berbelanjalah sebulan sekali,hindari lapar mata.

Cara bertahan hidup yang selanjutnya adalah belanja sesuai kebutuhan. Sering kali anak kost jika mendapat uang kiriman dari orangtuanya langsung pergi ke supermarket untuk membeli barang untuk kebutuhan bulanan. Sebelum belanja list dulu apa saja yang perlu untuk dibeli bukan barang yang diinginkan.

  1. Gunakan uang dengan bijak, kalau bisa numpang ke teman jika hendak bepergian

Bagi nawak machan yang kost yang tidak punya kendaraan, kemana-mana biasanya menggunakan transportasi yang butuh ongkos yang lumayan. Daripada nawak machan harus naik angkot atau naik ojek, nawak machan bisa minta tolong temanmu untuk mengantarkan ke tujuan Atau kalau jarak tujuannya dekat, nawak machan bisa berjalan kaki. Dengan hal ini uang tidak akan cepat habis. Bukan berarti pelit tapi hal ini efektif untuk mengurangi pengeluaran. Tapi jangan lupa, suatu saat nawak macahn harus menolong  teman yang sudah menolong nawak machan yaa atau men-traktir dia atau hanya sekadar mengisi bensinnya, supaya dia tetap bisa ditebengin.

  1. Mencuci Baju Sendiri

Menjadi anak kost itu wajib mandiri, kurangi kebiasaan manja. Jangan terlalu mengandalkan jasa laundry. Menggunakan jasa laundry membuat nawak mmachan makin boros. Biar uangnya bisa dihemat untuk makan, nawak machan bisa mencuci baju sendiri. Sambil nyuci sama dengan olahraga gratis.

Nah itu beberapa tips dari penulis agar anak kost terhindar dari kanker (kantong kering), jadi hidup hemat adalah suatu hal yang penting, jangan membiasakan diri untuk menjadi orang yang hedon, dan berbagi dengan sesama saat rezeki lebih dari cukup, semoga artikel ini bisa membantu nawak machan yaa. (DAB)

You might also like More from author

Comments