26 Produk Pembersih Untuk Membunuh Virus Corona (Update)

Malangchannel.com, Malang-Penyebaran virus Corona masih tinggi. Berbagai macam kebijakan telah diberlakukan oleh pemerintah pusat dan daerah untuk mencegah semakin luasnya penyebaran virus tersebut. Seperti penerapan Physical Disntancing, Work From Home, School From Home, Penyemprotan Desinfektan oleh petugas terkait dan masih banyak lagi. Semua usaha ini diharapkan dapat menekan jumlah penyebaran virus.

Untuk memutus mata rantai virus kita memiliki andil yang besar untuk membantu program pemerintah dan menambah kesadaran diri akan kebersihan lingkungan serta tindakan preventif lain yang bisa dilakukan. Penelitian terkait virus terus dilakukan, berbagai perkembangan terus diberitahukan para peneliti seperti Virus Corona bertahan di permukaan benda padat. Oleh sebab itu menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk mencegah penularan virus.

Melalui penelitian, desinfektan sederhana dapat membunuh virus Corona, virus ini merupakan jenis virus yang memiliki lapisan lemak sebagai selubung atau sampul. Asalkan kandungan yang ada sesuai dengan anjuran LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Menurut Ajeng Arumsari, Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih, “Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat”

Menurut LIPI, ada 11 bahan aktif yang dapat digunakan sperti Accelerated hydrogen peroxide (0.5%), Benzalkonium chloride / quaternary ammonium / alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride) (0.05%), Chloroxylenol (0.12%), Ethyl alcohol atau ethanol (62-71%), Iodine in iodophor (50 ppm), Isopropanol atau 2-propanol (50%), Pine oil (0.23%), Povidone-iodine (1% iodine), Sodium hypochlorite (0.05 – 0.5%), Sodium chlorite (0.23%) dan Sodium dichloroisocyanurate (0.1-0.5%).

- Advertisement -

LIPI juga merilis berbagai merk pembersih yang bisa digunakan sebagai desinfektan. Totalnya ada 18 produk yang bisa digunakan, yaitu Aquatabs Multipurpose, Bayclin Lemon, Bayclin Regular, Bebek Kamar Mandi, Bratacare Disinfectane Concentrate, Clorox Disinfecting Bleach, Clorox Toilet Bowl Clener With Bleach, Dettol All In One Disinfectant Spray, Dettol Antiseptic Liquid, Dettol Pembersih Lantai Citrus, Dettol Pembersih Lantai Multiaction 4 in 1, Mr. Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai, Proclin Pemutih, Septalkan, Soklin Pemutih, SOS Pembersih Lantai Antibacterial, Wipol Pembersih Lantai Cemara dan Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk.

LIPI memperbarui produk yang efektif untuk membunuh virus dengan menambahkan 8 produk baru yakni Proclin Penghilang Noda, Proclin Aksi Putih, Biosol Karbol, Stella Fabric Spray, Carerra Helm Deo, Wetties Family Wipes (All variant), MITU Baby Wipes Ganti Popok (All variant), MITU Baby Wipes Fresh and Clean (All variant).

Dalam membersihkan ruangan, perhatikan juga benda – benda yang sering tersentuh tangan seperti remote tv/ac, gagang pintu, saklar lampu, keran dan wastafel. Terlebih jika ada yang sakit di rumah. Semua anggota keluarga harus menjaga kebersihan.

Ada himbauan khusus untuk tidak mencampurkan pembersih yang berbeda. Serta perhatikan petunjuk penggunaan pada label yang tertera. Untuk daerah atau benda yang sangat terkontaminasi sebaiknya dibersihkan dulu dengan kain yang dibasahi desinfektan. Jangan langsung disemprot karena hal ini dapat membuat virus menyebar ke udara.(DEW)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments